Solusi ini Membantumu Agar Miliki Dana untuk Berkurban di Tiap Tahunnya!

Solusi ini Membantumu Agar Miliki Dana untuk Berkurban di Tiap Tahunnya!

Beberapa tahun silam, sempat viral kisah seorang pemulung bernama Mak Yati dan hewan kurbannya. Bekerja sebagai pemulung, tidak menyurutkan niat tulus Mak Yati mengumpulkan dana untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha. “Saya ingin, sekali saja bisa berkurban. Malu seumur hidup hanya minta daging”, tutur Mak Yati.

Kisah Mak Yati ini sangat menginspiratif. Sepatutnya hal ini bisa dijadikan pembelajaran dalam kehidupan kita. Mak Yati yang berprofesi sebagai pemulung rajin mengumpulkan sebagian uang. Uang tersebut ia dapatkan dari hasil mengumpulkan barang bekas. Alhasil, ia mampu mengumpulkan dana untuk berkurban. Satu ekor kambing besar dan kecil mampu ia beli setelah tiga tahun menabung.

Bagaimana perasaanmu setelah menyimak kisah diatas?

Adakah terbersit rasa malu dan iri atas keikhlasan Mak Yati dalam berkurban?

Mak Yati boleh jadi adalah satu dari sekian banyak muslim yang telah menyisihkan uangnya untuk berkurban. Patut dicontoh, selayaknyalah kita mengawali niat untuk turut berkurban di Idul Adha tahun ini. Sebagai wujud syukur dan ketaatan kepada Allah SWT seorang muslim yang baik seharusnya menyadari, “Apakah harus bertukar nasib menjadi pemulung terlebih dahulu agar memiliki niat untuk berkurban?”,  Tentu saja tidak.

Tak mau ikut ketinggalan dalam berkurban, namun belum memiliki dana yang cukup untuk membeli hewan kurban. Coba, ikuti beberapa tips sederhana dari Bantuternak sebagai solusi dari permasalahan mu !

Tentukan ternakmu

Kambing, Domba atau Sapi? Hmmm kira-kira tahun ini kamu mau berkurban apa ya? Pasalnya ketiga hewan tersebut lazim dijadikan hewan kurban di Indonesia.  Kenapa kamu harus menentukan ternak lebih dahulu, hal ini agar kamu bisa memprediksi berapa banyak uang yang kamu perlukan. Selain itu, kamu juga dituntut cermat untuk mengidentifikasi ternak pilihanmu dalam keadaan sehat. Jadi, jangan sembarang pilih ternak saja ya. Pengetahuanmu juga harus bisa diandalkan.

BACA:  Investasi Buat Mudikmu Tenang Tanpa Drama

Berkurban sendiri atau berkelompok?

Nah, ini juga harus jadi bahan pertimbanganmu ya. Karena akan mempermudahmu untuk membagi dana Idul Adha yang kamu miliki. Berkurban tak selalu gunakan uang pribadi, kok. Ada beberapa hewan ternak yang bisa dibeli bersama-sama. Sebut saja sapi, kerbau dan unta. Karena harganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan ternak lainnya pembelian hewan ini bisa dibeli secara patungan. Satu ekor sapi dan kerbau bisa dibeli dari hasil pengumpulan uang 7 orang. Sedangkan, unta bisa sampai 10 orang.

Lantas bagaimana dengan kurban kambing atau domba yang dibeli secara patungan? Kedua hewan ternak tersebut hanya boleh dimiliki perorangan. Jika kamu pernah ikut andil dalam iuran sekolah atau tempat mu untuk membeli satu ekor kambing misalnya, ternak tersebut tidak bisa dikatakan sebagai hewan kurban. Karena tidak memenuhi syarat kepemilikan hewan kurban.

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami urunan untuk berkurban unta atau sapi. Setiap tujuh orang diantara kami, berkurban seekor sapi atau unta. 

(HR. Muslim no. 1318).

Solusinya kambing tersebut bisa dihadiahkan ke satu orang. Baik ke anggota yang ikut iuran ataupun orang lain. Kepemilikan hewan ini akan dimiliki satu orang. Selanjutnya ia dapat berkurban dan menyertakan orang-orang yang sudah iuran untuk mendapatkan pahalanya. Allahu A’lam.

Prediksi Harga Ternak di Tiap Tahunnya

Setelah menentukan ternak apa dan memilih dibeli secara perorangan atau kelompok maka ketahuilah harga jual ternak tersebut. Kamu bisa memprediksi harga pasaran ternak dengan melihat harga jual tahun lalu. Umumnya, harga ternak kurban akan mengalami peningkatan tiap tahunnya sebesar 10%. 

Nah, untuk masalah satu ini kamu bisa melihat harga jual ternak di fitur Bantu Kurban. Bantu Kurban sendiri adalah salah satu fitur dari aplikasi Bantuternak yang menyediakan ternak dengan harga lebih murah. Apalagi pembeliannya jauh-jauh hari sebelum waktu kurban datang. Ternakmu pun akan diantarkan sesuai lokasi yang kamu inginkan

BACA:  Kenapa Akses Permodalan Peternak Sulit?

Jangan kepentingan duniawi mulu!

Beli skincare bisa, beli gadget gampang tapi beli kurban masih mikir-mikir. Nah ini nih masalah utamanya. Kamu harus tahu bahwa ibadah kurban adalah salah satu tindakan sosial yang bernilai. Ibadah kurban mengajarkan kita untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Masih banyak saudara kita di luar sana yang sulit untuk bisa makan sehari-harinya. Maka ternak kurban pun bisa dijadikan hadiah tiap tahunnya bagi mereka.

Sisihkan saja uangmu, yang penting niat. Karena Mak Yati mengawali ibadah kurbannya dengan niat malu untuk beribadah. Menyisihkan uang Rp. 1000,- dari hasil memulung tak pernah menyurutkan niatnya. Bagaimana dengan kamu yang diberikan kelebihan gaji tiap bulannya bila dibandingkan Mak Yati?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *