Harga Hewan Kurban Naik Ngga Ya?

Harga Hewan Kurban Naik Ngga Ya?

Kenaikan harga hewan kurban adalah hal yang lumrah

Kenaikan harga hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha menjadi hal yang lazim terjadi pasaran. “ Ya, sudah biasa kalo harga ternak naik tiap tahunnya”, ucap salah satu penjual. Mengutip berita tahun lalu, harga sapi di pasaran yang biasanya laku dengan harga 15 juta per ekor bisa mengalami kenaikan harga hingga 2 juta rupiah. Jadi, diperkirakan satu ekor sapi bisa menembus harga kisaran 17 juta rupiah. Kenaikan pun akan terjadi seminggu menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

Kenapa hal ini bisa terjadi ?

Pasar menilai kebutuhan ternak ruminansia yang biasanya dijadikan hewan kurban pasti sangat dibutuhkan saat Idul Adha. Kenaikan tingkat kebutuhan ini akan sebanding dengan menjulangnya harga hewan kurban yang di jual. Selain dijadikan sebagai kurban masyarakat juga membeli dengan alasan untuk dipelihara sendiri.

Pasalnya ternak di dapat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Beberapa bahkan di dapat dari luar pulau Jawa. Tingginya ongkos transportasi ini memicu  kenaikan harga ternak. Selain itu musim kemarau yang melanda membuat peternak susah menemukan pakan untuk ternak. Biaya pakan dan perawatan juga ikut melambung.

Lantas bagaimana solusinya?

Beberapa masyarakat memang menganggap kenaikan harga kurban adalah hal yang wajar. Tapi, kamu bisa dapatkan harga ternak yang jauh lebih miring di aplikasi Bantuternak lewat fitur Bantukurban. Dengan mempersiapkan pembelian dalam jangka waktu yang jauh dari Hari Raya Idul Adha, kamu bisa mendapatkan kurban dengan harga terjangkau. Selain tahu harga, kamu juga harus tahu ciri hewan kurban yang baik agar ibadah kurbanmu lebih mantab (bantuternak.com/hewan-kurban-yang-baik/)

Sumber : CNN Indonesia

BACA:  Kamu Harus Tau Hikmah Berkurban Agar Mantapkan Niatmu Di Idul Adha Tahun Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *