Cari Tahu Ciri Hewan Kurban Yang Baik untuk Sempurnakan Ibadah Kurbanmu!

Cari Tahu Ciri Hewan Kurban Yang Baik untuk Sempurnakan Ibadah Kurbanmu!

Tak terasa perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini semakin dekat, yaitu pada tanggal 11 Agustus 2019 mendatang. Perayaan Idul Adha memang tak lepas dengan tradisi pesta kurban. Sebagai umat muslim yang taat kita dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak pada saat itu. Hewan ternak yang telah disembelih ini lah yang dijadikan sebagai hadiah bagi saudara kita yang kurang mampu. Oleh karenanya kamu harus tahu hewan kurban yang baik.

Domba, Kambing dan Sapi. Beberapa jenis ternak tersebut umumnya dijadikan binatang sembelihan di Indonesia. Kandungan protein hewani, zat besi dan vitamin yang lengkap bisa di dapatkan dari daging ternak. Wah, menyantap daging kurban bisa dijadikan sebagai momen perbaikan gizi, nih!.

Namun tak semua ternak yang di jual pasaran terjamin kesehatannya. Alih-alih mendapatkan gizi yang baik untuk tubuhmu, ternak tersebut bisa menyalurkan berbagai penyakit yang akan mengganggu kesehatanmu. Menghindari hal tersebut, kamu harus mengetahui ciri dari hewan kurban yang baik agar ibadah kurban tidak sia-sia :

Cari Tahu Usia Ideal Ternak

Usia ternak dapat diketahui oleh catatan kelahiran yang dimiliki peternak. Hal yang lain bisa dilakukan adalah dengan melihat lingkaran (cincin) yang ada pada tanduk ternak. Setiap penambahan satu cincin pada tanduk ternak sama dengan penambahan satu tahun usia ternak. 

Cara lain yang bisa dilihat untuk mengidentifikasi usia ternak adalah dari gigi susu (bagian depan) sudah tanggal. Beberapa ternak memiliki usia ideal yang berbeda- beda. Untuk sapi usia yang ideal berusia 2 tahun. Kambing dan domba berusia 1 hingga 1,5 tahun.

Lebih Baik Ternak Berjenis Kelamin Jantan

Mengapa hal ini juga turut diperhatikan? Hal ini mengacu dari aturan yang sudah ditetapkan pemerintah UU RI Nomor 41 Tahun 2014. Pemerintah melarang penyembelihan ternak ruminansia betina produktif. Kebijakan ini dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan populasi.  

BACA:  Harga Hewan Kurban Naik Ngga Ya?
Hewan Memiliki Kondisi Fisik yang Sehat

Sehat berarti tidak sakit. Beberapa penampakan seperti : lemas, mata memerah, terdapat buih berlebihan di sekitar mulut juga bisa dijadikan indikator ternak dalam keadaan sakit. Ternak yang sehat akan memiliki tubuh yang bersih, berat badan ideal, dan punggung yang rata. Agar menjamin kesehatan ternak kamu bisa membeli hewan yang sudah mendapat sertifikasi dari Dinas Peternakan setempat.

 Tidak Terdapat Cacat Pada Ternak

Cacat yang dimaksud adalah cacat secara fisik. Seperti bekas-bekas luka yang tidak semestinya. Hindari ternak yang memiliki penampakan : mata juling, kaki pincang, telinga terbelah. Penampakan ternak yang kurus hingga terlihat sumsum tulang juga termasuk dalam kategori ini.

Jika ikhlas memberi, seharusnya ternak yang diberikan haruslah yang terbaik. Begitu pula hewan kurban yang baik dan akan kamu persembahkan kepada Allah SWT. Lancarkan dan permudah ibadah kurban mu dengan membeli ternak di fitur Bantukurban yang kami miliki. Dapatkan harga murah kami pun siap untuk mengantarkan ke lokasimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *