Kamu Harus Tau Hikmah Berkurban Agar Mantapkan Niatmu Di Idul Adha Tahun Ini!

Menelurusi hikmah berkurban, tak lepas dari kisah pengorbanan seorang ayah dan putranya. Mereka adalah Nabi Ibrahim dan juga putranya, Nabi Ismail. Dahulu, Ibrahim dikenal memiliki kekayaan yang sangat berlimpah ruah berwujud ternak. Dengan 12.000 ekor ternak Nabi Ibrahim bisa menyandang gelar miliader di zamannya.

Namun, dengan segala kerendahan hati saat ditanya milik siapa ternak tersebut ia mantab menjawab bahwa itu semua milik Allah dan ia hanya dipinjami. Jika sewaktu-waktu Allah menghendaki, maka itu adalah hal yang mudah. Termasuk putra kesayangan yang dimilikinya, Ismail.

Diuji dengan ketakwaan dan kesabaran. Ibrahim bermimpi mendapat perintah oleh Allah SWT agar menyembelih putranya Ismail. Bukanlah hal yang mudah karena Ismail adalah sosok anak anak yang sholeh. Menceritakan perihal mimpi ini kepada putranya, Ismail lantas menjawab pernyataan ayahnya dengan ikhlas, Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS Aa-saffat: 102).

Meskipun diliputi keraguan akibat bisikan setan yang menggoda. Ibrahim kembali meluruskan niatnya untuk memenuhi perintah Allah. Saat pisau yang hendak ia gunakan untuk menyembelih putranya hampir mengenai leher Ismail, Allah berkehendak lain. Berdasarkan salah satu riwayat, Jibril menukar Ismail dengan salah satu hewan sembelihan pada saat itu. Alam semesta pun bertakbir kepada Allah SWT atas kebesaran hati Nabi Ibrahim dan Ismail dalam menghadapi ujian dari Allah. 

Sejak saat itu, umat muslim mengenal hari besar Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Selain dijadikan sebagai momen dalam mengenang ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah, adapun hikmah berkurban adalah sebagai berikut

Wujud kesyukuran atas nikmat Tuhan-mu

Seumpama kamu ditagih untuk membayar kenikmatan Allah yang telah kau dapat, percayalah sampai akhir zaman tak akan ada yang mampu membayarnya. Namun, masih sedikit manusia yang sadar atas nikmat yang didapat. Alih-alih bersyukur, diberi sedikit cobaan saja kita masih sering mengeluh.

BACA:  Investasi Bantuternak Mudah dan Menarik, Sudahkah Kamu Mencobanya?

Ingatlah hakikat hidup di dunia hanya sementara. Sedangkan inti utama kehidupan adalah berharap ridha Allah semata. Ibadah kurban adalah salah satu tindakan yang sangat disukai oleh Allah SWT. Lantas jadikanlah kurbanmu sebagai wujud takwa dan kepatuhanmu kepada sang pencipta.

Memupuk nilai kepedulian terhadap sesama saudara

“Bisa makan nasi sehari saja alhamdulillah”, itulah perasaan yang dirasakan sanak saudara kita di luar sana. Tidak seperti kita yang bisa dengan mudah mengeluarkan uang untuk pesan jasa penyedia makanan online cuma-cuma. Sudahkah kau menyadarinya?

Memakan daging ternak kemungkinan adalah hal yang jarang mereka rasakan. Ibadah kurban bisa dijadikan sebagai hadiah untuk saudara kita yang kurang mampu. Tanamkanlah sikap peduli dari sekarang sebagai investasi pahala di akhirat kelak

Memperoleh kebaikan lewat tiap bulu ternak yang dikurbankan

Apa keutamaan yang kami peroleh dengan berqurban? Rasulullah menjawab : “ Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.”  (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Tidak terbayang berapa kebaikan yang kamu dapat jika amal ibadahmu di hisab kelak. Tak usah menimbang berapa uang yang kau keluarkan untuk membeli ternak. Niatkan karena Allah maka tak ada yang sulit di dalamnya.

Begitulah uraian mengenai hikmah berkurban yang sudah kami rangkum. Jika memilikii niat untuk berkurban tahun ini, jangan takut untuk bergabung bersama Bantuternak. Karena, kami memiliki fitur Bantukurban yang dapat memudahkanmu untuk memilih ternak pas. Download aplikasi Bantuternak di playstore dan dapatkan ternak dengan harga yang murah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *