Pentingnya Diversifikasi Investasi pada Bidang Agribisnis

Pentingnya Diversifikasi Investasi pada Bidang Agribisnis

Pentingnya Diversifikasi Investasi pada Bidang Agribisnis – “Don’t put your eggs in one basket” adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan mengenai istilah diversifikasi investasi. Dalam arti ilmiah, diversifikasi investasi merupakan bentuk menganekaragamkan investasi dengan cara menempatkan dana pada lebih dari satu tempat bisnis atau lebih dari satu sekuritas. Sebagai investor pemula sebaiknya kita jangan berharap pada satu jenis investasi saja. Diversifikasi investasi di bidang agribisnis dapat dilakukan dengan cara meletakan modal pada beberapa komoditas seperti peternakan dan pertanian tertentu.

Mengurangi Resiko Kerugian dengan Diversifikasi Investasi

Berinvestasi di sektor agribisnis juga memiliki resiko mengalami kerugian baik ketika penjualan dan kondisi force majeur. Bagi investor pemula melakukan penyebaran dana pada beberapa komoditas atau paket investasi akan mengurangi risiko kerugian pada investor. Jika ada salah satu dari pilihan investasimu yang mengalami kerugian maka kerugian akan dapat ditutupi dengan investasi lainnya. Diversifikasi sangat disarankan bagi kamu yang belum memahami analisa bisnis pada sektor agribisnis.

Namun demikian, walaupun diversifikasi memiliki kelebihan dapat menurunkan resiko investasi tapi juga dapat mengurangi peluang mendapatkan keuntungan. Jika kamu melakukan investasi pada 20 komoditas namun ternyata hanya 3 yang memiliki performa yang baik maka secara substansial hal tersebut dapat mengurangi keuntungan investasi.  

Diversifikasi di Bantuternak

Bantuternak sebagai pengelola investasi di bidang peternakan memberikan pilihan investasi untuk beberapa komoditas di bidang peternakan seperti sapi, domba dan pakan ternak. Bantuternak juga memberikan pilihan banyaknya peternak yang dapat dikelola peternakannya. Sebagai investor kamu dapat memilih investasi minimal lebih dari satu dari komoditas yang dipilih di Bantuternak.

 

Sumber:

Paranita,C., AR Dzulkirom., Hidayat, RM., Analisis Kinerja Investasi dalam Reksadana Saham (Equity Funds) dengan Metode Sharpe dan Treynor,  Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 27 No. 1 Oktober 2015.

https://swara.tunaiku.com/finansial/ini-dia-untung-dan-rugi-dari-strategi-diversifikasi-investasi

 

BACA:  Kegiatan Spekulasi Investasi dalam Syariat Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *