Sociopreneur : Membangun Bisnis yang Berdampak

Sociopreneur : Membangun Bisnis yang Berdampak

Dibukannya open recruitment untuk internship di startup Bantuternak Mei 2018 silam, mampu mengunggah hati Amanah Alfian untuk bergabung menjadi anggota tim. Saat itu, ia mengetahui telah dibuka lowongan internship untuk menduduki posisi sebagai staf finance di Bantuternak.

Sociopreneur yang berdampak bagi masyarakat

Dari Bantuternak Amanah belajar untuk menjadi seorang sociopreneur. Seorang sociopreneur yang tidak hanya membangun bisnis material namun berdampak bagi masyarakat. Baginya, masyarakat harus mulai menengok dan aware dengan keadaan peternak di Indonesia. Selama ini banyak menurutnya peternak yang beternak secara tradisional tanpa menghitung raba atau lugi yang ia dapat. “ Banyak kandang kosong karena peternak belum memahami managemen keuangan yang baik. Insyaallah, Bantuternak hadir untuk membantu perekonomian peternak rakyat. Selain itu juga sebagai fasilitator pemberian modal lewat investor yang berivestasi”.

Kunci sukses bekerja di Bantuternak

Satu tahun bekerja di Bantuternak melatih Amanah untuk lebih memahami pasang-surut dalam dunia startup.  Ia mengaku tertantang untuk belajar dan mengenal hal baru tiap harinya. Meskipun berasal dari background pendidikan yang berbeda dengan jabatan yang ia jalani sekarang, tidak memundurkan langkah Amanah untuk bisa beradaptasi. Ia pun menuturkan bahwa kunci sukses bekerja di Bantuternak adalah mau belajar dan menjadi pendengar yang baik atas kondisi apapun itu.

Pahit-Manis Pekerjaan

Sebagai seorang Account Manager, Amanah bertanggungjawab menghubungkan informasi di lapangan kepada investor. Pahit manis pekerjaan pun sudah sering ia rasakan. “ Sukanya yah, saya selalu belajar hal baru dan menarik untuk didalami. Kalo ditanya dukanya gimana, kadang kita harus nurunin ego satu sama lain ketika masalah datang. Ditantang untuk bersikap obyektif ketika menghadapi masalah”.

Bantuternak di masa depan

Amanah mengingikan kedepannya startup Bantuternak akan lebih fokus dengan visi misi yang sudah ada. Kedepannya ia berharap goals yang sudah ditentukan akan tercapai. Terlebih lagi ia berharap Bantuternak akan terus menjadi startup yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Peternakan di Indonesia bisa lebih maju dan perekonomian rakyat kecil terangkat.

BACA:  Tapak Tilas Sejarah Startup Peternakan Sapi di Indonesia

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *